Ras Muhammad, Duta Wajah Kedamaian Dari Indonesia Untuk Dunia

Ras Muhamad dalam video klip Lion. Sumber: official video clip


Ras Muhamad? apa dia seorang muslim? pertanyaan yang mungkin wajar dikemukakan karena musisi Regae yang sedang mendunia ini tampil berani memakai nama lahirnya Muhammad sebagai nama panggung. Nama aslinya adalah Muhamad Egar.


Langkahnya tentu berbeda dengan artis-artis Indonesia yang justru malu dengan nama berbau islami, sedangkan dia memulai karir dari Broklyn Amerika Serikat, dengan pede mengenalkan dirinya Ras Muhamad. Contohnya nih, Ainur Rokhimah diganti jadi Inul Daratista.

Seperti halnya penyanyi terkenal zaman sekarang, Ras memulai jalan kondangnya melalui Youtube pada 2015 setelah sebelumnya berkarya melalui jalur indie. Walhasil karyanya jauh lebih membumi daripada penyanyi yang nge-top melalui jalur rekaman label yang penuh make-up. Mirip dengan penyanyi lain yang juga sedang ngetop dan memulai karir secara indie seperti NDX-AKA dan Pendoza.

Dia hadir tepat saat bangsanya, Indonesia perlu duta wajah tentang keberagaman, tentang memahami Bhineka Tunggal Ika. Dan yang utama, lirik lagunya juga jauh dari roman picisan yang mengajari anak muda untuk kawin dini atau mendorong hamil duluan sebelum nikah.



Riwayat Pendidikan
Ras bukan sembarang penyanyi Reggae, karena selain memainkan musik asal Jamaika ini, dia juga menyelami filosofi ajaran hidup kaum rastafarian yang menjadi dasar bagi musik reggae.

Lahir di Jakarta 29 Oktober 1982 dengan nama lengkap Muhamad Egar Mukmin Eka Andika Sangaji Sahadat Jovani.

Ayahnya seorang dokter akupuntur dan ibunya seorang Diplomat di Kementrian Luar Negeri. Pada tahun 1993, ibunya ditugaskan ke Amerika Serikat. Saat itu Ras baru saja tamat sekolah dasar di SD ikut diboyong.

Selama di Amerika. Dia lalu melanjutkan sekolah di Russell Sage Junior High School dan lulus tahun 1996 kemudian masuk Forest Hills High School (setara SMA) lulus 1999. Tahun 2001, Ras mengambil kuliah di jurusan Liberal Arts, Borough of Manhattan Community College (setara D3) hingga lulus tahun 2005.

Ras mulai musik reggae ketika mulai lulus SMA tahun 1999 dan mulai menggimbalkan rambutnya. Saat kuliah dia makin aktif mempelajari reggae mulai dikenal di Brooklyn, New York sebagai salah satu penyanyi berbakat.
Mulailah dia menggunakan nama Ras Muhamad sebagai nama panggung. Ras diambil dari kosa kata bahasa Jamaika yang berarti Bung. Akar kata Ras berasal dari kata Rastaman atau orang yang telah memahami Falsafah dan ajaran Rastafari. Kata Ras sendiri dalam bahasa Amharik (Ethiopia) berarti Prince, putra bangsawan



Totalitas dalam menjadi Rastafari dan Penyanyi Reggae

Ras memang bukan penyanyi sembarangan, dia tak sekedar bergenre regae, namun juga benar-benar total dalam memahami ajaran rastafarian. Dia sempat belajar di Ethiopia demi makin memahami ajaran ini.

Ras berusaha merekonstruksi fikiran orang mengenai musik reggae. “Musik Reggae dan rambut gimbal tidak identik dengan ganja dan gaya hidup santai tak tentu arah,” kata Ras.

Seorang pengikut ajaran rastafari punya filosofi hidup: bersih dari minuman keras, tidak merokok apalagi menghisap ganja, tidak memakan daging hewani, tidak melukai badan sendiri dengan tindik ataupun tattoo.

Menurut Ras, Reggae membawa misi sangat mulai: perdamaian, persatuan, dan kesetaraan umat manusia. Karena itu, musik reggae harus menjadi ungkapan atau suaranya kaum tertindas.

“Reggae identik dengan nyanyian-nyanyian rakyat,” kata Ras Muhamad.

Karena itu, bagi Ras Muhamad, musik reggae akan kehilangan rohnya jika mengabaikan atau masa bodoh dengan ketidakadilan, ketimpangan sosial, dan penindasan terhadap rakyat.

Karena itu, sejak meluncurkan album pertamanya hingga sekarang, kritik sosial dan suara rakyat selalu nampak mencolok dalam lagu Ras Muhamad.



Diskografi Karya

Adalah lagu Salam yang mengantarkanya ke tangga terkenal di dalam negeri dalam satu terakhir ini. Sedangkan di luar negeri? nama Ras Muhammad sudah cukup dikenal lebih dulu.

Album perdananya, Declaration of Truths dirilis pada tahun 2005 sewaktu masih di Broklyn. Album indie ini beredar di New York. Ia kemudian merilis album keduanya, Reggae Ambassador pada bulan Januari 2007. Album pertama Ras Muhamad yang dirilis di Indonesia ini juga direkam secara Indie. Lewat album ini, nama Ras Muhamad jadi semakin dikenal di Indonesia. Setelah itu, dia merilis album ketiganya yang bertajuk Next Chapter pada tahun 2009.

Tahun 2015, Ras menjadi salah satu penyanyi utama di Earth Hour di Jamaica. Selain menyanyi, Ras juga menulis buku berjudul "Negeri Pelangi" yang menjadi best seller di Indonesia dan di luar negeri.

Penutup
Ras sebenarnya tidak perlu menulis lirik lagu, cukup sosok dirinya saja sudah mewakili potret Bhineka Tunggal Ika dan menjadi wajah perdamaian orang Islam Indonesia untuk dunia. 



0 Response to "Ras Muhammad, Duta Wajah Kedamaian Dari Indonesia Untuk Dunia"

Posting Komentar